CARA MEMPERBANYAK SPERMA DAN MENINGKATKAN KUALITAS SPERMA MENGGUNAKAN HERBAL ALAMI

Spermatozoid atau sel sperma atau spermatozoa (berasal dari bahasa Yunani kuno: σπέρμα yang berarti benih, dan ζῷον yang berarti makhluk hidup) adalah sel dari sistem reproduksi laki-laki. Sel sperma akan membuahi ovum untuk membentuk zigot. Zigot adalah sebuah sel dengan kromosom lengkap yang akan berkembang menjadi embrio. (sumber: wikipedia)

Sperma merupakan sel sistem reproduksi utama dari seorang laki-laki. Sel sperma ini juga memiliki jenis kelamin laki-laki dan perempuan.

sperma
Bentuk dari sperma ini mirip dengan kecebong, dan terbagi menjadi 3 bagian yaitu: kepala yang berukuran 5 µm x 3 µm, leher dan ekor sepanjang 50 µm.

Bagian kepala berbentuk lonjong agak gepeng yang berisi inti (nucleus). Bagian leher menghubungkan kepala dengan bagian tengah. Sedangkan ekor berfungsi sebagai motor yang mampu membuat sperma bergerak maju. Panjang bagian ekor dari sperma ini sekitar 10 kali bagian kepala.

Pertumbuhan Sperma

Sperma manusia mengalami beberapa fase pertumbuhan (spermatogenesis). Adapun tahap-tahap pertumbuhan sperma (spermatogenesis) adalah sebagai berikut: spermatogonium (membelah 2), spermatosit pertama (membelah 2), spermatosit kedua (membelah 2), spermatid dan tumbuh menjadi spermatozoa (sperma). (sumber: wikipedia)

Seorang pria dewasa yang normal, proses spermatogenesis akan terus berlangsung sepanjang masa hidupnya, meskipun kualitas dan kuantitas produksinya akan semakin turun seiring dengan dengan bertambahnya usia.

Ada satu fenomena menarik yang dihasilkan dari sebuah penelitian. Fakta ini telah diterbitkan American Journal of Obstetrics & Gynecology, pada Maret 2013. Ternyata manusia menghasilkan sperma yang paling sehat itu umumnya pada musim dingin dan awal musim semi.

Jumlah Sperma Laki-laki Normal

Jumlah sperma merupakan merupakan salah satu faktor penting dalam proses reproduksi manusia, terutama untuk mendukung keberhasilan pembuahan sel telur. Untuk mengetahui apakah sperma yang dimiliki memenuhi syarat baik kualitas maupun kuantitas, diperlukan analisis sperma dan cairan mani (semen) melalui laboratorium.

Jumlah sperma laki-laki yang normal yaitu ketika cairan mani yang dihasilkan pada saat ejakulasi mencapai antara 2-6 mililiter (1/2-1 sendok teh). Bila jumlah air mani/sperma yang keluar saat ejakulasi kurang dari itu, maka dikhawatirkan sel sperma yang keluar tidak cukup untuk bisa mencapai sel telur, sehingga akan susah untuk terjadi pembuahan. Akan tetapi sebaliknya, semen/air mani yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan konsentrasi sperma menjadi encer. Idealnya, cairan mani harus cukup kental dan mengencer sekitar 10-15 menit pasca-ejakulasi. Cairan mani yang terlalu kental akan membuat sperma sulit berenang dan susah mencapai sel telur, tetapi air mani yang terlalu encer juga tidak berkualitas (berkualitas rendah).

Sperma yang normal memiliki konsentrasi atau densitas sperma 20 juta per mililiter air mani. Selain itu dalam waktu satu jam setelah ejakulasi, minimal 50 % sperma harus bisa berenang maju dalam garis lurus untuk mencapai tujuan yaitu sel telur.

Cara Alami Untuk Memperbanyak dan Meningkatkan Kualitas Sperma

Dalam sebuah situs tentang kesehatan (www.ahlikesehatan.net), disebutkan bahwa ada beberapa tanaman tradisional yang banyak terdapat di Indonesia yang memiliki manfaat untuk kesehatan reproduksi pria. Diantara manfaat tersebut adalah untuk memperbanyak jumlah produksi sperma, meningkatkan kualitas sperma, serta mengembalikan fungsi serta kesehatan organ-organ reproduksi pria.

Diantara tanaman herbal tersebut adalah:

Eurycomae Radix

Eurycomae Radix (dalam bahasa Indonesia: Akar Pasak Bumi, Malaysia: Tongkat Ali) merupakan tanaman herbal yang sudah sangat terkenal menfaatnya untuk kesehatan pria. Efek farmakologi dari akar pasak bumi ini berfungsi untuk merangsang Hormone Chorionic Gonadotropin (HCG).

Hormone Chorionic Gonadotropin (HCG) merupakan hormon paling penting dalam tubuh pria yang bermanfaat untuk merangsang peningkatan Hormon Testosteron yaitu hormon yang dapat meningkatkan produksi sperma.

Pimpinella Herba

Pimpinella Herba (Indonesia: purwoceng) merupakan tanaman herbal asli Indonesia yang banyak terdapat di pegunungan Dieng. Tanaman ini sangat terkenal dan banyak digunakan sebagai herbal untuk menghangatkan badan dan memiliki manfaat yang khas, yaitu untuk meningkatkan libido (nafsu).

Herbal purwaceng memiliki manfaat yang hampir serupa dengan akar pasak bumi, yaitu untuk meningkatkan Hormon Testosteron dan jumlah sperma. Selain itu manfaat lain dari purwoceng adalah untuk meningkatkan stamina, sebagai pereda nyeri, penurun panas dan anti bakteri.

Penggunaan herbal alami dalam bentuk ekstrak, memiliki efektifitas yang lebih baik dibandingkan dengan herbal simplisia karena akan lebih cepat diserap dan mudah diambil manfaatnya oleh tubuh manusia. Hal ini disebabkan oleh kerja tubuh yang lebih ringan karena tidak perlu mengekstrak sendiri untuk mengambil manfaat dari herba tersebut.

Sumber: http://ahlikesehatan.net/cara-memperbanyak-dan-meningkatkan-kualitas-sperma.html/

Komentar